Monday, July 13, 2009

Gimana ya supaya bayi mau makan???

Sewaktu bayi saya menginjak 6 bulan, saya mulai memberinya MPASI (makanan pendamping ASI). Dimulai dari beras merah. Di minggu pertama, bayi saya mau menerimanya. Tapi… di minggu-minggu berikutnya, bayi saya menolak untuk makan!

Semua makanan untuk bayi, dari yang di olah sendiri sampai yang instant yang banyak didapat di supermarket saya beli untuk diberikan kepada bayi saya. Siapa tahu bayi saya mau dengan rasa lainnya.

Hasilnya NOL besar.

Setiap harinya, selalu ada tangisan dan teriakan di jam makan. Sedih sekali. Karena bayi saya ini selalu berusaha untuk memuntahkan yang ada di mulutnya.

Begitupun dengan buah, saya berikan jus buah yang saya peras atau blender sendiri (jeruk, pepaya). Biarpun cair, bukan berarti lebih mudah untuk saya menyuapkan pada bayi saya.Kenapa disuapin? karena bayi saya tidak mau minum dari gelas/dot.

Oiya, saya sudah mencoba untuk membersihkan gigi dan juga lidah bayi saya dari sisa susu. Tapi, biarpun begitu, tetap saja bayi saya menolak untuk makan.

Sampai hari ini, bayi saya sudah 8 bulan 2 minggu. Acara makan masih menjadi acara penuh teriakan, dan tangisan.. bahkan terkadang kalau berhasil, bayi saya akan memuntahkan semua makanan yang berhasil masuk ke dalam mulutnya.

Saya amat sedih dengan kondisi ini. Saya tidak ingin hal ini terus berlanjut, karenanya saya minta saran dari para ibu yang membaca blog ini… Tolooong!

note: usia bayi saya disaat saya buat blog ini, 8 bulan 2 minggu berat 8195 gram, hanya mau ASI.

dan ini tampang si bayi yang menolak makan


6 comments:

Keke Naima said...

kl anak2 sy dulu gak gak suka makanan yg di blender mbak, pasti aja di lepeh.. tp kl sy halusinnya cm pake garpu mereka mau..

Trus porsi makan anak2 sy juga di banding anak2 lain juga sedikit mbak.. Kl sy perhatiin anak2 yg seumuran mereka sekali suap itu kan 1 sdk kecil, kl anak2 sy sedikit bgt suapannya paling cm 1/4 sdk. Tp kl sdkt2 mereka mau makan, kl di kasih langsung byk mereka malah gak mau.. di lepeh2 juga..

Anonymous said...

Salam Kenal dik Divya (oh ya panggilannya siapa ya) dari Dita. Memang ssat anak GTM (Gerakan Tutup Mulut) alias gak mau makan merupakan "mimpi buruk" buat ibu2 ya mbak. Sudah pernah dicobakan outmeal belum? Usia se Divya kan sudah mulai menyukai makan yang agak kasar. Kalau Dita sukaa banget outmeal yang dicampur buah yg diblender (melon, pear dll) . Trus kalau anak saya lagi susah makan, saya alihkan dengan mainan. Kalau Dita suka dengan mainan pura2 nyuapin bonekanya, eh gak sadar mulutnya mangap deh :D

Pokoknya emang harus pinter2 deh Bundanya. Saya skr aja lagi pusing, anak saya gak doyan UHT, sedangkan stock ASIP menipis. Sudah cari cara hampir sebulan belum juga berhasil. Tapi Insya Allah selalu ada jalan. Keep sharing ya mbak :-)

risca said...

@ke2nai:
wah.. ternyata sama aja ya.. btw, akan di coba tips ngehalusin pake garpu

@alumongga:
oatmeal! ya ampuun kok ya gak kepikiran ya...terima kasih inputnya.
keep sharing jg ya...

dewi_fajar said...

yuhuuuu Divya... :)

mungkin bener kt Bunda Ke2Nai...
Divya ga suka yg tll lembut kali...Atha jg dl klo dikasih bubur yg halus & cair jg ga mau...pasti sll GTM...
trs aq coba kasih yg kasar..dia doyan & ga dilepeh...

jus pun dulu ga doyan...ga tau mungkin dia ngerasa aneh kali ya...jd buahnya dikasih gitu ajah atau dicampur ke oatmel atau yogurt... :)

smoga membantu yaa... :)

bunda Emily said...

salam kenal dari bunda emily... wah kasus Divya sama persis dgn Emily...Wkt pertama kali saya prkenalkan MPASi(5,5 bl) dia tidak ada masalah, minggu2 berikutnya, mulut nya tertutup rapat, kadang pun kalo bisa masuk, nggak mau nelan!!! saya sempat stress setiap kali wkt makan, pasti ada teriakan, tangisan dr Emily... susu jg repot harus disendokin, mau nya cuma ASI,lha ASI saya menipis...:( berat Emily(6,5 bl) :6.2kg....saya sediih bngt
ini saya nya ga susah. btw, skg Divya gmn? apa ada perkembangan?

MPASI Untuk Si Kecil said...

Sudah dapat solusinya, mbak? Buat pengalaman nih. Rencana sih saya mau kasih milna bubur bayi organik mpasi terbaik untuk si kecil, semoga aja mau

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails